Thursday 11 November 2010

Instalasi Zeos untuk menghubungkan delphi dengan mysql

Mungkin Sudah Banyak Tersebar Tentang Cara Install Zeos di delphi 7 Tapi Saya Akan Menerangkan Dengan Cara Yg Praktis dan lengkap. Pertama Download Dulu zeos di SINI
Mirror @4shared bisa klik di  SINI

Lalu Extrak file nya ke directory tujuan anda dan buka packages/delphi7/ZeosDbo.bpg.
Setelah meng-klik 2x ZeosDbo.bpg, maka program delphi akan terbuka. lalu klik menu view -> Project Manager sehingga muncul:















lalu klik kanan ZCore70.bpl pilih -> “Build all from here”. Dan lakukan hal serupa pada ZParseSql70.bpl, ZPlain70.bpl, ZDbc70.bpl dan ZComponent70.bpl. Lalu Klik Kanan ZComponentDesign70.bpl (yang paling bawah) pilih -> “install”.nanti ada message konfirmasi, di ok saja dan close project manager.

Setelah Instalasi berjalan lancar langkah berikutnya adalah memasukan path zeos ke lib delphi dengan cara klik menu Tools -> Environtment Options -> Library dan klik button "..." pada Library path. seperti pada gambar :




















setelah masuk direktori,,, klik lagi button "..." seperti pada gambar :
















cari tempat anda menaruh zeos, lalu masuk ke folder src, lalu pilih folder component lalu ok,,






















setelah itu tekan button "Add" untuk menambahkan folder component itu ke library, kemudian tambahkan pula 4 folder di bawahnya, yaitu : folder core,dbc,parsesql & plain dengan cara yang sama seperti memasukkan folder component td.. setelah semuanya dimasukkan, tekan ok untuk semua jendela yang masih terbuka lalu close delphinya.. akan muncul permintaan save,, boleh pilih yang mana saja ^^


sampai sini zeos sudah terinstal,, untuk mengetes nya, silahkan coba connect dengan ZConnection..^^

catatan tambahan bagi yang menggunakan XAMPP :
buka folder xampp dan masuk ke ->mysql->bin dan cari file libmysql.dll dan copy kan file tersebut ke C:\WINDOWS

No comments:

Post a Comment